Thursday, April 5, 2018

[Memoar] Am I Getting Older Already?

Dulu, tanggal 3 April selalu jadi tanggal yang spesial dan selalu gue tunggu tiap tahunnya. Kalo udah mendekati tanggal segitu, gue selalu cerewet ke orang-orang terdekat, "Eh bentar lagi 3 April loh, jangan lupa ya!". Dan orang-orang yang gue ingetin cuma ketawa terus bilang, "Ada ya orang ulang tahun malah bragging ke mana-mana.". Yes, I did.

Sampe 3 April tahun lalu pun gue masih sama excited-nya. Bahkan gue sengaja kejar-kejaran sama deadline biar bisa mengenang momen bertambahnya umur yang ke 22 tahun dibarengi sama bertambahnya gelar di belakang nama. I've been working so hard back then to fulfilled my wish, and thank God, I made it. Terus makin semangat ngasih pengumuman ke temen-temen deket, "3 April gue sidang sekalian ualng tahun loh!". I was that happy to celebrate my birthday.

Tapi, entah, gue ngerasa ada yang beda sama tahun ini. Bikin wishlist udah bukan masanya lagi buat gue. Yang gue lakuin lebih ke merenungkan apa aja yang udah gue capai selama 23 tahun. Bukan lagi mengharapkan orang-orang ngasih sesuatu yang spesial semacam kado dan kejutan, tapi lebih ke bahagia ada yang inget ulang tahun gue walaupun gue nggak pernah ingetin mereka. Lebih dari itu, doa sederhana yang mereka ucapin pas gue ulang tahun sekarang berasa 'ngena' banget di gue. Really, am I getting older already?

I feel like I'm becoming more thoughtful.

Lebih cemas sama jalur mana yang bisa bikin gue sampe tujuan lebih cepet. Kebahagiaan yang cuma sehari buat gue nggak sepenting kebahagiaan yang mungkin bakal gue dapatkan seumur hidup. Buat gue yang sekarang, birthday is just like another day. It hasnt to be good, but it may filled with sadness and fear too.

Bisa nggak ya gue sampe ke tujuan dalam kurun jatah waktu yang tersisa?

Dulu, mana pernah gue ngoyo mikirin goals yang udah gue bikin? As the time goes by, gue semakin percaya kalo sifat seseorang bakal berubah menyesuaikan umurnya. Dipengaruhi atau pun enggak sama lingkungan, pendewasaan diri pasti terjadi di semua orang. Banyak orang-orang di sekitar gue yang udah mulai nembus goals-nya satu-satu. Tapi nggak sedikit juga yang masih mau santai nikmatin hidup. Dan gue, sekarang ada di ambang; buat mulai meninggalkan kesenangan sesaat atau mulai menyusun titian untuk dijejaki.

No comments:

Post a Comment